MEMILIH SMARTPHONE UNTUK VIDEO

Memilih Smartphone untuk pembuatan film bisa menjadi hal yang membingungkan. Ada begitu banyak pilihan model, sistem operasi dan teknologi yang terus berubah. Hal apa saja yang harus di perhatikan dalam memilih smartphone untuk membuat film? Simak tips berikut ini

Sistem operasi Smartphone yang saat ini beredar di pasar adalah Apple ios, Google Android dan Microsoft Windows 10 Phone.

Nah bagaimana cara memilih smartphon terbaik untuk kebutuhan pembuatan film dan video?. Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah aplikasi kamera yang tersedia untuk sistem operasi smartphone, tidak masalah seberapa bagus lensa, kemampuan merekam hingga resolusi 4K dan fitur lain, yang utama adalah kontrol camera.

Kontrol kamera yang saya maksud adalah fitur kamera yang memberikan keleluasaan kepada kita untuk pengaturan semua fitur camera secara manual.

1. Operasional Sistem

Iphone

Iphone Apple mungkin bukan yang terbaik untuk urusan spesifikasi dan harga bila dibandingkan dengan beberapa pesaing dari Android, tapi Iphone memberikan dukungan perangkat lunak dan aplikasi terbaik.

Karena aplikasi yang dikembangkan untuk iphone dan ipad memiliki stabilitas yang baik dan beragam variasi perangkat lunak untuk berbagai kebutuhan.

Kesimpulan pribadi saya adalah Iphone tidak sempurna tetapi memiliki dukungan dari banyak aplikasi perangkat lunak.

Android

Smartphone android memiliki spesifikasi yang berbeda satu dan lainnya, setiap merek berupaya menhadirkan fitur dan spesifikasi yang berbeda untuk perangkat lunaknya.

Perbedaan spesifikasi ini menjadi kendala bagi pengembangan aplikasi dan faktor ini membuat kit harus mencoba beberapa apliksi yang dikembangkan untuk mendapat hasil optimal bagi perangkat android yang kita gunakan.

Saya tidak mengatakan bahwa ponsel Android tidak bagus untuk membuat video namun ada kemungkinan kita akan mengalami masalah dalam menjalankan beberapa perangkat lunak.

Windows

Smartphone berbasis Windows jumlah nya tidak terlalu banyak dan smartphone dengan operasional sistem ini tidak memiliki banyak dukungan aplikasi, artinya tidak banyak pilhan perangkat lunak camera yang bisa kita gunakan.

Hal ini mungkin saja berubah seiring pengembangan yang terus di lakukan oleh windows dan berjalannya waktu.

Jadi kesimpulannya adalah, saat memilih Smartphone untuk video kita harus berpikir secara terbalik, Yaitu lihat periksa dulu ketersedian aplikasi dan apa aplikasi kamera terbaik yang ada kemudian lihat Smarphones mana yangmendukung aplikasi yang akan kita gunakan.

Baca juga: Panduan Lengkap: Video Untuk Media Sosial

2. Lensa

Ada banyak lensa kamera yang berbeda pada Smartphone dan saya tidak akan membahas semua pilihan yang tersedia. Meskipun ini adalah masalah penting yang harus dipertimbangkan namun saya tidak akan mempengaruhi pilihan Smartphone Anda.

Jumlah megapixels yang dimiliki Smarthphone tidak mempengaruhi keseluruhan resolusi pada video. karena proses merekam video bekerja dengan cara yang berbeda. Ponsel dengan mega pixel yang tinggi bisa menjadi pilihan bagus untuk kualitas kemampuan fotografi.

3. Ruang Penyimpanan

File video menghabiskan banyak ruang harddisk. Untuk mendapatkan kualitas terbaik,di sisi lain saat merekam video, sebaiknya selalu merekam dengan kualitas terbaik. Ini berarti penyimpanan pada Smartphone akan cepat terisi.

Semakin besar kapasitas penyimpanan semakin banyak video yang bisa di rekam.

Kapasitas minimal untuk Smartphone adalah 32giga. Smartphone dengan memori 16giga tidak akan bertahan lama dan akan menyulitkan saat merekam video. untuk mengatasi hal ini kita bisa memindahkan file video ke laptop tapi ini akan memperlambat kerja kita dan menghabiskan banyak waktu saat proses pengambilan gambar.

Satu hal yang harus kita sadari adalah semakin besar penyimpanan Smartphone, semakin mahal harganya.

4. Konsumsi Daya

Konsumsi daya Smartphone sangat mengerikan. Ini adalah masalah yang sangat serius saat membuat video dengan handphone. Biasanya baterai tidak akan bertahan lama Saat merekam video.

Saat menentukan smartphone apa yang akan dibeli lihat kapasitas baterai nya. kode m-Ah pada baterai adalah kode kapasitas baterai yang di gunakan,secara umum semakin tinggi jumlahnya semakin lama baterai akan bertahan.

5. Frame Rate

Aplikasi kamera video yang baik memberikan kemungkinan kita memilih frame rate yang akan kita gunakan untuk merekam video. biasaya frame rate yang biasa di gunakan untuk video adalah 24, 25, 30, 50 dan 60 frame per detik.

Namun perlu disadari tidak semua Smartphone mendukung semua frame rate yang tersedia. pengalaman saya dengan smartphone xiaomi note 4, saya bisa merekam video untuk 25 frame per detik setelah menggunakan aplikasi tambahan untuk smartphone ini.

Setelah melihat beberapa review saya menemukan Smartphone ini tidak mendukung 25 frame per detik secara default. Memang jika kita merekam video untuk sistem penyiaran Pal atau NTSC, kondisi ini tidak terlalu menganggu, namun jika ingin menggunakan rekaman untuk hal lain,kita harus menggunakan frame rate yang tepat untuk hasil terbaik.

6. Resolusi Video

Kebanyakan Smartphone mampu merekam video dengan kualitas HD yang berarti memiliki resolusi 1920 x 1080. beberapa ponsel canggih kini sudah mendukung perekaman dalam resolusi 4K untuk merekam video.

Rsolusi 4k adalah kemampuan kamera untuk merekam video dalam resolusi Ultra HD. resolusi ini memberi ukuran bingkai yang lebih besar dan kualitas video yang lebih tinggi.

Masalahnya saat merekam video dalam resolusi 4K adalah file video besar yang akan menguras kapasitas memori ponsel dengan sangat cepat.

7. Ukuran Smartphone

Smartphone saat ini memiliki ukuran yang semakin besar. Setiap tahun model baru semakin besar. Saya tidak menentang soal ini karena memiliki layar yang lebar mempermudah kita dalam merekam gambar.

Satu-satunya masalah saya adalah prinsip dasar pembuatan video degan smartphone yang praktis, fleksible dan mudah di bawa kemana mana. Jika harus membawa sejumlah peralatan untuk merekam video pasti saya saya akan menggunakan kamera lain selain smartphone.

Layar besar Smartphone juga bisa menyulitkan dalam menemukan dudukan tripod yang tepat.Hati hati saat membeli tripod yang akan di gunakan untuk smartphone,periksa dimensi adaptor dan pastikan printer tripod dapat menjepit Smartphone yang kita gunakan. Banyak adapter tidak sesuai dengan dimensi Smartphone jadi periksalah dimensi mounting camera pada tripod sebelum membelinya.

 

8. Audio Hardware

Audio selalu menjadi masalah besar bagi semua Smartphone. Secara umum semua mikrofon built in untuk merekam audio di Smartphonetidak menghasilkan kualitas suara yang baik. Satu-satunya cara mengatasi masalah ini adalah menambahkan mikrofon eksternal khusus.

Hal yang harus di fahami adalah, hanya mikrofon dengan jack mini trrs yang dapat di gunakan untuk Smartphone. Mikrofon mini jack standar tidak akan bekerja tanpa adaptor.

untuk mengetahui apakah mikrofon memiliki jack mini trrs adalah ada tiga garis hitam pada konektornya. Jack stereo standar hanya memiliki dua dan jack mono hanya memiliki 1 garis lingkaran berwarna.

Ada juga beberapa mikrofon yang akan disambungkan ke port pengisian daya Smartphone. Saya tidak menyarankan solusi ini karena akan mengganggu jika pengambilan gammbar kita menggunkan powerbank sebagai perangkat pembantu penambah daya.

Kesimpulan

Smartphone apakah yang ideal untuk video? Sama seperti kamera video tidak ada satu pun yang terbaik dan terjelek. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan.

Iphone memiliki perangkat lunak kamera dan peralatan pendukung dari pihak ketiga yang sangat baik namun harganya lebih mahal dan memiliki perangkat keras yang rentan.

Android lebih murah daripada iphones dan memiliki spesifikasi yang baik namun memiliki beberapa masalah kinerjapada perangkat lunak dan aplikasi kamera karena banyaknya model dan perbedaan versi sistem operasi.

Ponsel Windows memiliki kamera yang bagus namun tidak memiliki dukungan aplikasi.

Jadi Smartphone mana yang harus kamu beli?. Seperti yang saya katakan di atas Smartphone yang bagus adalah yang memiliki aplikasi kamera yang bagus di dalamnya. Memiliki dukungan paling besar untuk mikrofon eksternal, adaptor tripod dan rig kamera.

akhirnya jika teman teman telah membuat video dengan smartphon dan memiliki tambahan informasi silahkan memberi masukan kepada kami melalui kolom komentar yang ada. (ditulis oleh Yusrizal)     Baca juga:  TEKNIK PENCAHAYAN KAMERA

 

Sumbe asli : https://www.kji.or.id/memilih-smartphone-untuk-pembuatan-film/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *