Upacara HUT Pramuka ke-56 Berlangsung Khidmat

Bupati pimpin Upacara HUT Pramuka ke56

“Saya mengharapkan kepada seluruh jajaran pramuka utamanya anggota dewasa, agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara”.

Hal tersebut disampaikan Bupati Syamsuar selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) ketika membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, pada Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 56, Senin (14/8) pagi di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara.

Dengan mengusung tema “Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa”, mengindikasikan bahwa gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter, melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya.

Dijelaskannya, gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal, akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga, dan pendidikan formal di sekolah. Hal ini mengingat pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter.

Sedangkan peranan keluarga sebagai pelaku pendidik informal yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting. Sementara persoalan kaum muda sering terjadi diantara rumah dan sekolah, maka menjadi penting peranan gerakan pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang sering terjadi dewasa ini.

Bupati Syamsuar saat memberikan penghargaan

Masih kata Bupati, kerjasama sinergis antara lembaga pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal dalam keluarga sangatlah penting dan menjadi keharusan demi mewujudkan kaum muda yang lebih baik. Untuk mencapai visi gerakan pramuka masih harus kerja keras jajaran pramuka untuk mewujudkannya dan perlu banyak menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders baik dengan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.

“Saya mengajak seluruh pengurus gerakan pramuka dan para pembina gugus depan, bersama-sama meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa,” pungkasnya.

Usai acara, setiap regu menampilkan kebolehannya masing-masing, selain itu Syamsuar memberikan penghargaan kepada kwaran tergiat, gugus depan tergiat, serta regu berprestasi putra dan putri. Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Siak Alfedri selaku Kakwarcab Siak, Unsur Forkompimda, perwakilan Saka, pengurus Kwarcab Siak, Kamabiran dan Kamabigus se kabupaten Siak. (Humas, red.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *